Tel: (62-21) 75900 094 - 095
HP/WA: +62 811 9180 096
E-mail: dpp@asita.id

ASITA Mengapresiasi Kehadiran Aplikasi Electra

Ketua Umum ASITA

ASITA Mengapresiasi Kehadiran Aplikasi Electra

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nunung Rusmiati mengapresiasi kehadiran aplikasi Electra. Layanan online berbasis internet ini sangat membantu para pebisnis travel konvensional. Paling tidak juga bisa mengimbangi ancaman Online Travel Agency (OTA) kian marak.

“Aplikasi ini keren banget. Tentu sangat membantu untuk teman-teman di ASITA. Sebetulnya ini kan produk lama,tetapi sekarang sudah di develop lebih bagus lagi sehingga kami nanti tinggal me-follow up ke teman-teman di daerah,” demikian dikemukakan Nunung kepada Jalajah Nusae,Jumat (19/7/2019).

Seperti diketahui, Jumat pagi Sabre Travel Network Indonesia melalui unit usahanya meluncurkan layanan berbasis aplikasi internet bernama Electra.

Untuk informasi, Sabre merupakan perusahaan penyedia sistem perjalanan terbesar di Indonesia yang menguasai sekitar 60% market share GDS di Indonesia.

Aplikasi tersebut dapat mempermudah para pebisnis travel agent konvensional melayani pengguna jasa perjalanan korporasi maupun perorangan untuk pemesanan tiket penerbangan, hotel, tur, umroh, pariwisata dan paket transportasi lainnya.

Acara peluncuran platform aplikasi Electra yang dilangsungkan hari Jumat pagi ini di Jakarta turut dihadiri oleh Direksi Sabre Travel Network Indonesia, Deny Fajar, Pakar Managemen dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Rhenald Kasali dan Motivator serta Entrepreneur, Merry Riana.

Layanan dan inovasi aplikasi Electra ini bermula dari banyaknya kendala yang dihadapi oleh para pelaku bisnis travel agent konvensional yang tidak mampu bersaing dengan pelaku online.

Hal ini disebabkan telah bergesernya perilaku masyarakat dari cara manual yang bertransformasi ke platform digital.

Menurut Direktur Utama Sabre Indonesia, Deny Fajar, beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku bisnis travel konvensional utamanya adalah dari lemahnya visi dan antisipasi strategis pelaku konvensional dalam menghadapi era digital.

Ditambah dengan proses perizinan yang panjang dan rumit, masih lagi diperlukan investasi yang besar untuk dapat membangun sendiri sebuah aplikasi online dan juga kurangnya pemahaman terkait dengan pola kerja digital marketing.

Deny menjelaskan, Electra adalah booking engine yang berbasis pada platform E-Commerce yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang diperlukan dalam traveling, seperti online payment, travel insurance, travel cash, hingga pay later.

Yang terakhir ini berupa dukungan Bank Nasional terhadap kebutuhan pembiayaan yang diperlukan oleh travel agent terutama dalam mengelola klien korporasinya.

Semuanya sudah ditanamkan dalam satu platform.

Terobosan yang dilakukan Electra tak hanya berhenti sampai di sini, panjangnya proses perizinan untuk mendapatkan akses online kepada pihak Airlines, termasuk juga proses memperoleh fasilitas pembayaran online pun menjadi lebih sederhana dan cepat melalui Electra.

Travel Agent yang mendaftar Electra, maka secara otomatis akan mendapatkan domain website atas nama keagenannya sendiri dalam bentuk mobile apps yang bisa didownload melalui Google Play maupun Apple Store.

“Keuntungan dari mendaftar Electra bagi pelaku bisnis travel adalah kepemilikan aplikasi online yang terkoneksi dengan seluruh airlines domestik ataupun internasional, beserta fitur-fitur yang bermanfaat bagi konsumen secara instan, menggunakan identitas travel agent sendiri,” paparnya.

Selain itu basis keamanan transaksi yang digunakan adalah dengan metode Deposit-Top Up sehingga tidak ada pembayaran yang tertunda.

“Hal ini tentu menjadi sesuatu yang diutamakan oleh pihak airlines karena tidak akan terjadi outstanding, sehingga seluruh prosesnya menjadi simple, cepat dan aman,” ujar Deny.

Untuk selanjutnya tinggal dilakukan proses aktivasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, lalu mengisi deposit di akun virtual yang juga sudah disediakan guna melakukan transaksi booking dan issued tiket.
“Kami berharap dengan kehadiran dan kemudahan yang disediakan oleh Electra akan membuat para pelaku bisnis travel konvensional memiliki kesempatan dan energi baru guna mengembangkan usaha mereka,” tambah Deny.

Dengan berbagai kemudahan yang disediakan ini, bisnis travel konvensional pun dapat memperluas pasar mereka dan tanpa dibebani biaya tinggi untuk berinvestasi.

Electra bekerja sama dengan IPaymu sebagai partner penyedia jasa online payment dan juga PT Bank Artha Graha Int’l Tbk sebagai penyedia jasa perbankan.

IPaymu menjadi solusi pelanggan untuk melakukan pembayaran secara online.

Sementara PT Bank Arta Graha Int’l Tbk menjadi solusi untuk Travel Cash dengan penggunaan kartu debit GPN yang memudahkan para traveler inbound untuk melakukan transaksi di banyak merchand di Indonesia tanpa perlu menukarkan uang lokalnya terlebih dahulu ke money changer.

**Di kutip dari jelajahnusae (adh/dtk)**

 

Author: